Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12206
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAfni, Fauziyah-
dc.contributor.authorWidiatmoko, Didit-
dc.contributor.authorAzhar, Hanif-
dc.contributor.authorNurhadiansyah, Mahendra-
dc.date.accessioned2025-07-19T01:47:13Z-
dc.date.available2025-07-19T01:47:13Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12206-
dc.description.abstractPendidikan adalah hal penting dalam kehidupan, berdasarkan SDGs Nomor 4 tentang pendidikan yang berkualitas, setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang sama, seperti halnya anak kebutuhan khusus. Dalam sistem pendidikan anak-anak dengan kebutuhan khusus ini sering kali diabaikan, masalah ini mencakup kurangnya sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang keterampilan untuk menunjang kreativitas anak dan elemen interior yang belum memadai. Penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking yang melibatkan lima tahap empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara, kuesioner, pengamatan visual, dan studi pustaka. Kemudian data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil yang didapat adalah penggunaan elemen interior yang baik dapat memberikan stimulasi sensorik yang positif bagi siswa, khususnya bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus tunagrahita. Manfaat penelitian ini dapat memberikan sebagai acuan mendesain interior ruang keterampilan untuk anak tunagrahita yang sesuai dengan standar yang adaen_US
dc.subjectElemen interior; Pendidikan SLB-C; Tunagrahitaen_US
dc.titleOptimalisasi Interior Ruang Keterampilan SLB-C Karya Bhakti Dengan Pendekatan Behavior Tunagrahitaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 9 NO1 (2025)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
47-62.pdf749.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.