Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12168
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHermanudin, Danika-
dc.contributor.authorAziz Ahmad, Hafiz-
dc.date.accessioned2025-07-18T02:38:58Z-
dc.date.available2025-07-18T02:38:58Z-
dc.date.issued2024-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12168-
dc.description.abstractWorldbuilding telah menjadi pusat perhatian di kalangan industri hiburan, terutama di bidang animasi. Meskipun demikian, perhatian terhadap studi worldbuilding masih kurang jika dibandingkan dengan karakter dan naratif. Peneliti berpendapat bahwa worldbuilding dapat terkait erat dengan pembuatan karakter, mencerminkan sifat dan karakteristik manusia yang dikenal. Sehingga terbentuk "emotional realism" dan terciptanya empati dari audiens. Begitu juga dalam worldbuilding, audiens perlu merasa terhubung dengan unsur yang dikenal dan nyata. Realisme dalam animasi bertujuan menciptakan kesan nyata atau mirip dengan dunia asli. Akan tetapi bukan berarti animasi harus meniru dunia nyata secara sempurna, melainkan untuk membuat penonton merasakan keterhubungan atau keterikatan dengan apa yang mereka saksikan. Dalam penelitian ini, terdapat dua animasi, Kimi no Na wa (2016) dan Song of The Sea (2014), menggunakan dua pendekatan yang kontras namun berhasil membangun dunia dengan memanfaatkan elemen dari lokasi dunia nyata. Oleh karena itu, analisis komparatif deskriptif dilakukan untuk mengungkap perbedaan pendekatan dan fokus yang digunakan oleh kreator animasi tersebut dalam mencapai tingkat realisme pada worldbuildingen_US
dc.subjectAnimasi, Kimi no Na wa, Realisme, Song of The Sea, Worldbuildingen_US
dc.titleRealisme dalam Worldbuilding Melalui Studi Kasus pada Animasi Kimi no Na wa dan Song of the Seaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:VOL 8 NO 2 (2024)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
169-184.pdf6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.