Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12147
Title: Pengembangan Digital Art sebagai Asset Video Game Moral Edukasi menggunakan RND
Authors: Wibowo, Tony
Jaslina, Jaslina
Keywords: Avatar, Ilustrasi, Kebudayaan, Observasi, PDDIE
Issue Date: 2024
Abstract: Salah satu hasil perkembangan gambar digital ialah karya seni yang disebut sebagai Digital Art. Karya seni tersebut diciptakan menggunakan teknologi digital ataupun teknologi komputer. Digtal art telah menjadi salah satu unsur penting dalam pengembangan video game. Keunikan dari suatu video game, khususnya secara estetik bergantung kepada digital art sebagai avatar karakter video game yang digunakan. Pada pengembangan prototipe video game edukasi dengan topik moral yang ditujukan kepada pelajar SMA Indonesia, diperlukan digital art yang juga menampilkan ciri khas budaya dan suku yang beraneka ragam agar penyampaian materi yang disampaikan juga menarik bagi pemain (player). Penelitian ini menggunakan pendekatan RND, dimana pendekatan Research menggunakan metode kualitatif berupa observasi karakteristik fisik dari masing-masing etnis dan pendekatan Development menggunakan metode PDDIE (Planning, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari perancangan dan pengembangan digital art kemudian diterapkan dalam video game moral edukasi sebagai asset desain. Penerapan digital art sebagai asset desain video game pengedukasian moral kepada pelajar menjadikan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12147
Appears in Collections:VOL 8 NO 1 (2024)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
109-124.pdf3.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.