Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12133
Title: Pemanfaatan Limbah Bambu untuk Mainan Musik Prasekolah dengan Pendekatan Surface Mimicry
Authors: Jelantik Joyodiharjo, Bismo
Puteri Sidarta, Nabilla
Amir Piliang, Yasraf
Larasati, Dwinita
Suryati Syamsudin, Tati
Keywords: Industri kreatif, Limbah bambu, Mimicry, Morfologi, Mainan
Issue Date: 2024
Abstract: Dalam proses desain, Surface Mimicry dapat digunakan sebagai pendekatan alternatif dengan memanfaatkan peran dan kemiripan dari objek berdasarkan familiaritas bentuknya. Berbeda dengan behavior dan functional mimicry, sudut pandang pada surface mimicry lebih mengekspresikan kemiripan objek secara visual dibandingkan aksi dan fungsinya. Bambu merupakan material tradisional Indonesia yang mudah ditemukan dan digunakan sebagai bahan dasar beragam alat musik, namun limbahnya masih jarang diolah. Contohnya di lokasi mitra Saung Angklung Udjo sebagai pemasok angklung dalam jumlah besar di Jawa Barat, limbah sisa hasil produksi dengan proses subtraktif batang bambu dengan beragam ukuran berakhir menjadi material yang hanya dibakar. Artikel ini menceritakan proses desain karya purwarupa mainan musik prasekolah yang memanfaatkan potensi limbah bambu serta proses produksi subtraktif melalui pendekatan surface mimicry yang relevan dengan karakter bentuk material aslinya. Kegiatan eksplorasi desain ini merupakan bagian dari penelitian mimicry (surface, behaviour, function), process (formatif, subtraktif, aditif) dan system (integral, modular) yang dapat menjadi metode alternatif dalam pengembangan produk inovatif dalam konteks desain yang ramah lingkungan dan berkelanjutan
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/12133
Appears in Collections:VOL 8 NO 1 (2024)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1-18.pdf3.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.