Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/10207
Title: Dampak Green Product dan Green Marketing terhadap Keunggulan Bersaing Kelompok UPPKS “Kalipakem Baru”: Dimediasi Etika Lingkungan Bisnis
Authors: Bahri, Bahri
Keywords: etika lingkungan bisnis; green marketing; green product; keunggulan bersaing
Issue Date: 2022
Abstract: Kerusakan lingkungan tidak bisa lepas dari perbuatan bisnis yang hanya mementingkan keuntungan tanpa memperhatikan etika. Etika lingkungan diperlukan agar pelaku bisnis lebih cermat dalam menjaga keselamatan lingkungan. Etika lingkungan bisnis menuntun pelaku bisnis untuk terus menjaga kesehatan dan keberlangsungan alam semesta. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menemukan ada atau tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung green product, green marketing, etika lingkungan bisnis terhadap keunggulan bersaing, (2) untuk mengetahui peran etika lingkungan bisnis sebagai variabel mediasi. Teknik sampling memakai metode sampling jenuh dengan sampel sebanyak 37 orang. Alat uji data memakai regresi linier berganda, uji t, uji f, dan path analysis. Hasil riset mengungkapkan secara langsung green product serta green marketing memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, sebaliknya etika lingkungan bisnis mempengaruhi keunggulan bersaing secara negatif. Selanjutnya green product dan green marketing mempunyai pengaruh langsung terhadap etika lingkungan bisnis. Hasil pengujian mengungkapkan green product dan green marketing melalui etika lingkungan bisnis tidak memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing. Artinya etika lingkungan bisnis tidak berhasil menjadi variabel mediasi. Kata kunci: etika lingkungan bisnis; green marketing; green product; keunggulan bersaing
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/10207
Appears in Collections:VOL 27 NO 1 2022

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1-12.pdf233.1 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.