Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/10047
Title: | HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN PENGENDALIAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PIJORKOLING TAHUN 2024 |
Authors: | TIROLIYAH, ANISA |
Keywords: | Aktivitas fisik Lansia Pengendalian Hipertensi |
Issue Date: | 2024 |
Publisher: | Universitas Aufa Royhan |
Abstract: | Peningkatan kejadian hipertensi terus terjadi. Hal ini akan berakibat meningkatnya resiko terjadi berbagai komplikasi bahkan kematian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan pengendalian tekanan darah pada lansia hipertensi di puskesmas Pijorkoling. Jenis penelitian yang digunanakan yaitu kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi, pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 114 responden penderita hipertensi dengan jumlah sampel sebanyak 89 responden yang diambil menggunakan teknik porpusive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner IPAQ. Hasil penelitian ini analisa statistik dengan menggunakan uji kolerasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan pengendalian tekanan darah diperoleh P-Value = 0.000 < 0.05. diperoleh juga nilai r 0.837 maka hubungan antar aktivitas fisik dengan pengendalian tekanan darah sangat kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah setiap peningkatan aktivitas fisik satu satuan, maka pengendalian tekanan darah akan meningkat 83,7%. Saran diharapkan untuk meningkatkan terus aktivitas fisik karena akan dapat memperbaiki tekanan darah. |
Description: | Anisa Tiroliyah | 20010060 | Jambi, 11 Juli 2002 | Perempuan | Huta Padang Pijorkoling Padangsidimpuan |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/10047 |
Appears in Collections: | 2024 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI - ANISA TIROLIYAH (20010060).pdf | 19.37 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.